Rabu, 09 November 2016

The best creative marketing by Rio Motret


HOLA GUYS !!!!!! 


Salam bahagia untuk semuanya ya.Oke postingan gue kali ini akan membahas mengenai tugas salah satu mata kuliah gue mengenai creative marketing . Kelompok gue membahas salah satu fotografer paling fenomenal menurut kelompok gue karena cara  dia memarketingkan brand nya sendiri terbilang sangat unik dan berbeda di bandingkan rekan-rekan fotografernya lainnya.Siapa sih yang tidak kenal RIO MOTRET yang bernama asli RIO WIBAWA .



Dia terkenal sekali memotret artis-artis terkenal indonesia Total ada sekitar 130 artis yang pernah difoto Rio. Dari jumlah tersebut, yang paling sering ia foto adalah  Ivan Gunawan, 3Diva, Rossa, Sandra Dewi, Chelsea Olivia, Ussy Sulistiawati, Raline Shah, Gisella-Gading Marten, dan Ruben-Sarwendah.Dari sekian banyak seleb, memotret Krisdayanti merupakan salah satu pengalaman yang  berkesan bagi Rio. Pasalnya KD merupakan penyanyi favoritnya.Hebat bukan ?! akan tetapi Kesuksesan RIO MOTRET tidak didapat secara mudah ia dapatkan begitu saja.Dulu disaat mengawali karirnya Rio mengaku pernah dibayar sebesar 50rb .Tetapi, karena menjadi passion ia ikhlas menjalaninya saja.Dan bayangkan guys saat ini dengan kerjas kerasnya ,sekarang rio menjadi fotografer paling digemari oleh kalangan selebriti maupun masyarakat awam bayangkan untuk pemesanan paket foto harganya saja bervarian dari kisaran harga 10.000.000 hingga 50.000.000 untuk jasa fotonya saja dan harus melakukan appointment terlebih dahulu.WOW! jadi guys kalau kalian mau menggunakan jasa Rio Motret harus siap budget dulu ya dan sabar antrinya haha.Dan sampai saat ini, ia sudah mempunyai tim motret sendiri, 2 studio & 20 karyawan

Alasan mengapa kelompok gue memilih Rio Motret sebagai subjek tugas kami .Karena salah satu pameran foto yang berjudul “ALKISAH” itu menarik perhatian kami sekali. Menurut kami Kreativitas,Value,Message dari Rio motret tersampaikan sangat baik sekali di setiap lukisan nya yang berjudul “ALKASIH”.



Bagi kalian guys yang belum pernah tahu mengenai alkisah itu apa sebenarnya itu pameran yang dibuat oleh Rio sebagai strategi pemasaranya dia yang dikemas dengan konsep “Cerita Rakyat” dari Indonesia.Rio mengangkat 17 Cerita rakyat dari berbagai daerah .Proses pemotretan yang berlangsung dari 18 Juni hingga 29 Juli 2015 ini berisikan cerita-cerita rakyat dari berbagai daerah seperti, Sabai Nan Aluih dari Sumatera Barat, Si Pitung dari Jakarta, Lutung Kasarung dari Jawa Barat, Sangkuriang dari Jawa Barat, Jawa Tarub & 7 Bidadari dari Jawa Tengah, Roro Jonggrang dari Yogyakarta, Bawang Merah Bawang Putih dari Yogyakarta, Keong Mas dari Jawa Timur, Ande Ande Lumut dari Jawa Timur, Calon Arang dari Jawa Timur, Malin Kundang dari Sumatera Barat, Timun Mas dari Jawa Tengah, Nyi Roro Kidul dari Yogyakarta, Danau Toba dari Sumatera Utara, Asal Mula Banyuwangi dari Jawa Timur, Drupadi dari Legenda Mahabharata, dan juga Rara Mendut dari Jawa Timur.Proyek pameran foto ini juga dijadikan sebagai momen penyambutan hari kemerdekaan Indonesia dan juga bentuk apresiasi Rio yang telah berkarya selama 10 tahun di tanah air. Berbekal pertemanan yang kuat dengan para selebritis dan pelaku seni, Rio berhasil memotivasi lebih dari 60 selebritis ternama, 15 desainer Indonesia , dan puluhan pengarah gaya dan juga penata rias untuk bekerjasama dalam merealisasikan 17 cerita rakyat yang diangkat.Rio juga berkerja sama dengan Ari Tulang yang bertindak sebagai Show Director dan Djarum Fondation.

Kelompok gue menyimpulkan faktor-faktor penting yang menjadikan pameran ALKISAH bisa sukses sampai saat ini terutama Cara Rio memarketingkan pameran Alkisah secara Online,yaitu:
        Photo dikemas dengan cerita yang menarik yang diambil dari 17 cerita rakyat yang berbeda-beda
        Model nya diperankan oleh lebih dari 60 artis dan aktor dan berkolaborasi dengan pelaku seniman lainnya
        Bekerja sama dengan Bakti Budaya Djarum Foundation sebagai bentuk kerja sama nyata mendukung budaya Indonesia
        Aktif mempromosi dalam social media terutama instagram dengan mengupload Foto-foto alkisah dan video teaser dikemas dengan audio yang menarik dengan durasi yang singkat
        Mendesign website alkisah dengan interface yang menarik
        Rio aktif mengupload video acara pameran alkisah di you tube channel nya,sebagai bukti nyata bahwa acara tersebut sukses dan menarik perhatian user you tube untuk datang ke pameran rio

Bisa dilihat dibawah ini merupakan account offical instagram RIO MOTRET yang mana Rio aktif sekali mengupload foto-foto cerita alkisah dan berbagai video teaser untuk pameran alkisah nantinya.Menurut kami cara rio sangat efektif untuk meningkatkan awareness pameranya di mata masyaraka melalui media social terutama instagram yang saat ini sangat baik dijadikan alat promosi karena banyaknya masyarakat yang aktif bermain instagram,penyampaian pesan yang cepat,tergolong alat promosi yang gratis dan Rio sendiri telah memiliki followenya lebih dari 1M WOW!! Bayangkan 10% saja followersya yang tertarik untuk datang ke pameran alkisah menurut gue itu udah banyak sekali. Rio juga aktif menjadikan foto-fotonya sebagai reminder tanggal pamerannya agar masyakarat ingat dan ingin untuk mengunjungi acaranya itu













Rio juga memiliki value yang kuat dalam Pameran Foto alkisah ini.Bahwa cerita rakyat indonesia bisa dikemas dengan konsep kreatif indonesia  dengan cara yang unik agar dapat membawa citra budaya indonesia menjadi lebih baik lagi, lebih modern tanpa meninggalkan esensi kebudayaan Indonesia , dan sangat menjual yang artinya bisa bersaing dengan budaya lainnya

Messages yang kuat juga tersampaikan oleh rio dalam karya nya yang luar biasa ini.Inti pesannya adalah bahwa Rio Ingin mempertahankan generasi-generasi penerus untuk selalu mengingat dogeng- dogeng /cerita rakyat dari indonesia secara modern seperti Sabai Nan Aluih, Si pitung , Sangkuriang , Bawang merah Bawang putih , dll

Menurut Kelompok gue strategi pemasaran yang digunakan rio sangat cocok dengan teori  Teori Shimp and Andrews (2013) mengenai Celebrity endorsemen Dalam teori tersebut menjelaskan ada beberapa atribut celebrity endorsement,yaitu
        Kredibiltas,yaitu celebrity yang di endorse memiliki image dan attitude yang baik di mata masyarakat
        Attractiveness (daya tarik),yaitu celebrity yang memerankan alkisah memiliki followers yang banyak di instagram
        Power (kekuatan), celebrity yang memerankan alkisah memiliki kreativitas dalam mempromosikan diri mereka sendiri dalam pameran alkisah ini
Brand image
        Sincerity ,yaitu dimensi yang meliputi merek yang dianggap sebagai jujur dan apa adanya
        Excitement, yaitu merek dianggap sebagai berani,bersamangat,berimajinatif, dan up to date
        Competence ,yaitu merek dianggap handal,cerdas dan handal
        Sophistication ,yaitu merek yang dianggap berkelas dan mewah



1 komentar: