HOLA GUYS !!!!!!
Salam bahagia untuk semuanya ya.Oke postingan
gue kali ini akan membahas mengenai tugas salah satu mata kuliah gue mengenai
creative marketing . Kelompok gue membahas salah satu fotografer paling
fenomenal menurut kelompok gue karena cara
dia memarketingkan brand nya sendiri terbilang sangat unik dan berbeda
di bandingkan rekan-rekan fotografernya lainnya.Siapa sih yang tidak kenal RIO
MOTRET yang bernama asli RIO WIBAWA .
Dia terkenal sekali memotret artis-artis
terkenal indonesia Total ada sekitar 130 artis yang pernah difoto Rio. Dari
jumlah tersebut, yang paling sering ia foto adalah Ivan Gunawan, 3Diva, Rossa, Sandra Dewi,
Chelsea Olivia, Ussy Sulistiawati, Raline Shah, Gisella-Gading Marten, dan
Ruben-Sarwendah.Dari sekian banyak seleb, memotret Krisdayanti merupakan salah
satu pengalaman yang berkesan bagi Rio.
Pasalnya KD merupakan penyanyi favoritnya.Hebat bukan ?! akan tetapi Kesuksesan
RIO MOTRET tidak didapat secara mudah ia dapatkan begitu saja.Dulu disaat
mengawali karirnya Rio mengaku pernah dibayar sebesar 50rb .Tetapi, karena
menjadi passion ia ikhlas menjalaninya saja.Dan bayangkan guys saat ini dengan
kerjas kerasnya ,sekarang rio menjadi fotografer paling digemari oleh kalangan
selebriti maupun masyarakat awam bayangkan untuk pemesanan paket foto harganya
saja bervarian dari kisaran harga 10.000.000 hingga 50.000.000 untuk jasa
fotonya saja dan harus melakukan appointment terlebih dahulu.WOW! jadi guys
kalau kalian mau menggunakan jasa Rio Motret harus siap budget dulu ya dan
sabar antrinya haha.Dan sampai saat ini, ia sudah mempunyai tim motret sendiri,
2 studio & 20 karyawan
Alasan mengapa kelompok gue memilih Rio Motret
sebagai subjek tugas kami .Karena salah satu pameran foto yang berjudul “ALKISAH”
itu menarik perhatian kami sekali. Menurut kami Kreativitas,Value,Message dari
Rio motret tersampaikan sangat baik sekali di setiap lukisan nya yang berjudul “ALKASIH”.
Bagi
kalian guys yang belum pernah tahu mengenai alkisah itu apa sebenarnya itu pameran
yang dibuat oleh Rio sebagai strategi pemasaranya dia yang dikemas dengan
konsep “Cerita Rakyat” dari Indonesia.Rio mengangkat 17 Cerita rakyat dari
berbagai daerah .Proses pemotretan yang berlangsung dari 18 Juni hingga 29 Juli
2015 ini berisikan cerita-cerita rakyat dari berbagai daerah seperti, Sabai Nan
Aluih dari Sumatera Barat, Si Pitung dari Jakarta, Lutung Kasarung dari Jawa
Barat, Sangkuriang dari Jawa Barat, Jawa Tarub & 7 Bidadari dari Jawa
Tengah, Roro Jonggrang dari Yogyakarta, Bawang Merah Bawang Putih dari
Yogyakarta, Keong Mas dari Jawa Timur, Ande Ande Lumut dari Jawa Timur, Calon
Arang dari Jawa Timur, Malin Kundang dari Sumatera Barat, Timun Mas dari Jawa
Tengah, Nyi Roro Kidul dari Yogyakarta, Danau Toba dari Sumatera Utara, Asal
Mula Banyuwangi dari Jawa Timur, Drupadi dari Legenda Mahabharata, dan juga
Rara Mendut dari Jawa Timur.Proyek pameran foto ini juga dijadikan sebagai
momen penyambutan hari kemerdekaan Indonesia dan juga bentuk apresiasi Rio yang
telah berkarya selama 10 tahun di tanah air. Berbekal pertemanan yang kuat
dengan para selebritis dan pelaku seni, Rio berhasil memotivasi lebih dari 60
selebritis ternama, 15 desainer Indonesia , dan puluhan pengarah gaya dan juga
penata rias untuk bekerjasama dalam merealisasikan 17 cerita rakyat yang
diangkat.Rio juga berkerja sama dengan Ari Tulang yang bertindak sebagai Show
Director dan Djarum Fondation.
Kelompok gue menyimpulkan faktor-faktor penting yang
menjadikan pameran ALKISAH bisa sukses sampai saat ini terutama Cara Rio
memarketingkan pameran Alkisah secara Online,yaitu:
•
Photo
dikemas dengan cerita yang menarik yang diambil dari 17 cerita rakyat yang
berbeda-beda
•
Model
nya diperankan oleh lebih dari 60 artis dan aktor dan
berkolaborasi dengan pelaku seniman lainnya
•
Bekerja sama dengan Bakti Budaya Djarum
Foundation sebagai bentuk kerja sama nyata mendukung budaya Indonesia
•
Aktif mempromosi dalam social media
terutama instagram dengan mengupload Foto-foto alkisah dan video teaser dikemas dengan audio yang menarik dengan
durasi yang singkat
•
Mendesign website alkisah dengan interface
yang menarik
•
Rio aktif mengupload video acara pameran
alkisah di you tube channel nya,sebagai bukti nyata bahwa acara tersebut sukses
dan menarik perhatian user you tube untuk datang ke pameran rio
Bisa dilihat dibawah ini merupakan account offical
instagram RIO MOTRET yang mana Rio aktif sekali mengupload foto-foto cerita
alkisah dan berbagai video teaser untuk pameran alkisah nantinya.Menurut kami
cara rio sangat efektif untuk meningkatkan awareness pameranya di mata masyaraka
melalui media social terutama instagram yang saat ini sangat baik dijadikan
alat promosi karena banyaknya masyarakat yang aktif bermain
instagram,penyampaian pesan yang cepat,tergolong alat promosi yang gratis dan
Rio sendiri telah memiliki followenya lebih dari 1M WOW!! Bayangkan 10% saja
followersya yang tertarik untuk datang ke pameran alkisah menurut gue itu udah
banyak sekali. Rio juga aktif menjadikan foto-fotonya sebagai reminder tanggal
pamerannya agar masyakarat ingat dan ingin untuk mengunjungi acaranya itu
Rio juga memiliki value yang kuat dalam Pameran Foto
alkisah ini.Bahwa cerita rakyat indonesia bisa dikemas dengan konsep kreatif indonesia dengan cara yang unik agar dapat membawa
citra budaya indonesia menjadi lebih baik lagi, lebih modern tanpa meninggalkan
esensi kebudayaan Indonesia , dan sangat menjual yang artinya bisa bersaing
dengan budaya lainnya
Messages yang kuat juga tersampaikan oleh rio dalam karya nya yang luar biasa ini.Inti pesannya adalah bahwa Rio Ingin mempertahankan generasi-generasi penerus untuk selalu mengingat dogeng- dogeng /cerita rakyat dari indonesia secara modern seperti Sabai Nan Aluih, Si pitung , Sangkuriang , Bawang merah Bawang putih , dll
Menurut Kelompok gue strategi pemasaran yang digunakan rio sangat cocok dengan teori Teori Shimp and Andrews (2013) mengenai Celebrity endorsemen Dalam teori tersebut menjelaskan ada beberapa atribut celebrity endorsement,yaitu
•
Kredibiltas,yaitu
celebrity yang di endorse memiliki image dan attitude yang baik di mata masyarakat
•
Attractiveness
(daya tarik),yaitu celebrity yang memerankan alkisah memiliki followers yang
banyak di instagram
•
Power
(kekuatan), celebrity yang memerankan alkisah memiliki kreativitas dalam
mempromosikan diri mereka sendiri dalam pameran alkisah ini
Brand image
•
Sincerity
,yaitu dimensi yang meliputi merek yang dianggap sebagai jujur dan apa adanya
•
Excitement,
yaitu merek dianggap sebagai berani,bersamangat,berimajinatif, dan up to date
•
Competence
,yaitu merek dianggap handal,cerdas dan handal
•
Sophistication
,yaitu merek yang dianggap berkelas dan mewah
good point, Adit...saya suka postinganmu yg ini...:)
BalasHapus